Senin, 02 April 2012

Pesona Yogyakarta


Yogyakarta menyajikan banyak panorama yang indah dan menawan sangat patut untuk di kunjungi yang pastinya mampu memanjakan para pengujungnya mulai dari wisata pantai  hingga obyek wisata alam pegunungan.
            “saking lengkapnya, bahkan ada  anekdot yang mengatakan, apa sih yang tidak ada di Yogyakarta “
Berikut ini ada beberapa refrensi pariwisata yang patut untuk anda kunjungi yang terletak di kawasan sekitar Yogyakarta :
1.      Desa Wisata Budaya Plempoh Bokoharjo, Prambanan
Suasana perdesaan yang masih alami adalah daya tarik utama yang dijual Desa Wisata Budaya Plempoh. Selain itu desa ini punya kesenian khas antara lain jatilan dan kegiatan sehari-hari warga pedesaan.
2.      Desa Wisata Budaya Brayut, Donoharjo, Ngaglik, Sleman Yogyakarta
Desa yang memiliki nuasa pedesaan yang masih alami dan cara bertani yang masih menggunakan cara tradisional
3.      Desa Wisata Kerajinan Kulit Manding, Desa Sabdodadi, Bantul
Di daerah ini tersedia berbagai macam jenis kerajianan kulit dihasilkan, memulai dari sepatu, tas, topi, sabuk dan lain-lain
4.      Desa Wisata Gamplong Sumber rahayu, Moyudan
Merupakan industri kerajinan tenun tradisional menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dan kerajinan anyaman untu soevenir
5.      Desa Wisata Srowolan, Pakem, Sleman
Selain menjadi obyek wisata sejarah desa ini juga menarik untuk dikunjungi wisatawan yang ingin merasakan kenyaman tinggal dengan suasana alam pedesaan yang masih asri.
6.      Desa Wisata Agro Trumpon, Tempel, Sleman
Menyuguhkan berbagai kearifan local pedesaan suasana alam yang khas, karena berada di lereng Merapi ini.
7.      Desa Wisata Kampoeng Sejarah Kelor, Turi, Sleman
Menyediakan berbagai macam wahana permainan alam meliputi tracking menyelusuri sungai bedog camping ground yang sanggup memuat ratusan peserta, flying fox dan kolam ikan. Tersedia juga wisata minat khusus seperti perkebunan salak.
8.      Desa Wisata Budaya Candi Abang, Jogotirto, Berbah, Sleman
Dibangun pada abad ke-9 dan ke-10, sekilas candi ini  berupa gundukan sekilas candi ini berupa gundukan tanah yang mirip bukit. Struktur bangunan yang terbuat dari bata merah, diketahui setelah dilakukan split (ekskavakasi). Candi ini berupa bangunan tunggal peninggalan zaman Mataram Hindu Budha.
9.      Desa Wisata Gerabah Kasong Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul
Hampir seluruh warga Kasongan mempunyai aktivitas membuat aneka kerajinan dan souvenir gerabah yang unik yang sebagian besar menggunakan tanah liat sebagai bahan bakunya.
10.  Desa Wisata Tembi, Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul
Di tempat ini pengujung dapat tinggal homstay dengan arsitektur jawa dan bisa mengamati kehidupan sehari-hari warga desa sekitar seperti bertani, berternak dan berolah seni.
11.  Goa Cerme
Aman untuk caving menyusuri menyusuir sungai bawah tanah sepanjang 1,2 Km yang berujung di Sendang Panggang, Berada di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul.
12.  Pantai Pandansimo
Deburan ombak ombak khas laut selatan ditambah aktivitas nelayan biasa dinikmati di Desa Poncosari, Sradakan, Bantul.
13.  Pantai Parangtritis
Pasir Putih dengan ombak besar di sekitar terdapat kawasan wisata budaya dan ziarah, berada di desa Parangtritis, Kretek, Bantul.
14.  Pantai Ngrenehan
Pantai berupa teluk dengan hamparan perbukitan kapur bisa dinikmati di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul.
15.  Pantai Krakal
Memiliki pasir putih yang landai sepanjang 5 Km, menghadap perbukitan kapur berada di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul.
16.  Pantai Baron
Teluk yang diapit dinding bukit penuhi dengan pohon kelapa, memiliki sungai bawah tanah di goa sekitar pantai. Berada di Kemadang , Tepus, Gunung Kidul.
17.  Pantai Wediombo
Pantai yang berbentuk teluk dengan dinding perbukitan yang hijau berada di desa Jepitu, Kecamatan Rongkop, Gunung Kidul.
18.  Pantai Siung
Menjadi surge bagi pemanjat tebing karena gunung di depan pantainya memiliki 250 jalur panjat, terletak di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul.
19.  Pantai Glagah
Terdapat hamparan pasir besi dan memiliki laguna, berada di Desa Glagah, Temon, Kulon Progo.
20.  Wanagama
Hutan seluas 600 hektare yang berada di Banaran, Gading, Gunungkidul.
21.  Waduk Sermo
Waduk seluas 157 ha ini bentuknya berkelok-kelok dikeliling perbukitan dan hutan berada di Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo.
22.  Goa Selarong
Bekas markas besar dari lascar pangeran Diponegoro, berada di Kecamatan Panjangan Banatul, Bantul.
23.  Pantai Kwaru
Tergolong masih perawan di Poncosari, Srandakana, Bantul
24.  Pantai Gesing
Merupakan teluk seluas m2 persegi dan masih perawan berada di Desa Girikarto. Kecamatan Panggang. Gunung kidul.
25.  Pantai Parangendog
Memiliki gundukkan bukit yang membentang di belakang hamparan pasir Pantai berada di dekat Parangtritis, Kretek, Bantul.
26.  Pantai Kukup
Memiliki pantai berpasir putih dilengkapi jalan setapak yang membelah bukit menuju Pantai Baron Terdapat di Desa Kemadang, Tanjungsari. Gunungkidul.
            Yogya mempunyai kawasan yang terbentang dari pantai hingga lereng Merapi, ini sangat menarik untuk dikunjungi saat ini,, terutama bagi orang yang baru mengenal Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar