Senin, 02 April 2012

Tentang Hati Dan Penyakit lever

"Hati  merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi beragam serta peran penting dalam bebera proses kerja tubuh. Oleh karena itu, kesehatannya harus di jaga agar tehindar dari penyakit lever"

lever menyerang hati yang berfungsi menetralkan racun (Detoksikasi)membantu fungsi empedu.organ metabolisme utama yang berkaitan dengan metabolisme utama yan berkaitan dengan metabolisme zat-zat gizi (lemak, vitamin, protein, dll). imunitas/ kekebalan dan banyak lagi. penyebab penyakit lever berasal dari virus penyebab terbanyak adalah hepatitis A-E bahkan G, bakteri misalnya salmonella typhi parasit, obat-obatan kimia, bahan-bahan kimia, alkohol, cacing atau gizi buruk dan sering begadang.Gejala seseorang yang terkena penyakit lever
  1. urin berubah menjadi coklat seperti teh
  2. selera makan hilang
  3. naik atau turun berat badan tubuh secara tidak normal
  4. diare muntah-muntah 
  5. warna feses menjadi pucat 
  6. nyeri pada bagian kanan atas perut 
  7. cepat merasa lelah 
  8. kadargula darah rendah 
  9. sering mengeluh nyeri otot
  10. timbul varises
  11. depresi 
      Solusi mengatasi lever adalah dengan mengkomsusi antara lain :
  • temulawak 50 gr atau 20gr (kering )
  • mengkudu 2 buah (matang )
  • antanan /pegagan 30-60gr (segar ) atau 15gr (kering )
  • biang kunyit 30gr (segar) atau 10gr (kering )
      cara membuat :
      semua bahan-bahan dibersihkan, masak dengan 3-4 gelas air bersih sehingga tinggal 2 gelas air rebusan. minumlah air rebusan ini 2 kali sehari. Untuk besok hari harinya bisa diulang kembali sampai penyakit liver tersebut sembuh. Untuk penyakit liver karena virus hepatitis A,B dan C harus dengan pemeriksaan dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah penyebab liver itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar